17 Februari

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

QS Al-Furqan ayat 74


16 Februari jam16 masuk ruang VK lalu infus induksi pun dipasang. Awalnya masih santai, optimis insyaAllah lancar dan bisa lahiran hari itu juga.

Hari itu tanggal 16-2-2016, cantik kan? Setelah maghrib, suami pulang ke rumah menjemput ibuku. Sudah hampir 3 minggu ibu ada di depok. 10 hari sebelum HPL beliau datang dari ponorogo, ee lha dalah ternyata cucu pertama yang sangat dinantinya belum muncul juga.

Sekitar jam19 bukaan 1. Alhamdulillah. Aku banyakin jalan sambil membawa selang oksigen dan infus kemana-mana. Telepon mertua di surabaya, masih dengan suasana ceria. Sekitar jam20 bukaan 2, semakin optimis.

Ditunggu sampai jam23, bukaan itu tidak bertambah. Bahkan hasil CTG janin mulai memburuk. Setiap aku kontraksi, detak jantung janin turun. Panik pun dimulai. Setelah bidan konsultasi dengan obgynku, dibuat keputusan bahwa infus induksi dihentikan sementara. Berharap bayi punya dorongan sendiri untuk lahir.

Lalu apa yang terjadi? Tidak ada kontraksi lagi. Hasil CTG juga tidak stabil, kadang bagus kadang buruk.

Saat hasil CTG bagus, dicoba lagi induksi. Namun hasilnya tetap sama, saat terjadi kontraksi, detak jantung bayi mengalami penurunan.

17 Februari menjelang jam3. Bidan yang bertugas melaporkan semua kondisiku pada obgyn. Dengan berat hati, bidan menyampaikan kalau proses induksi tidak bisa dilanjutkan. Dan akan dilakukan SC dengan diagnosa fetal distress atau gawat janin.

Aku diminta untuk makan dan minum karena setelahnya akan puasa.

Seperti tertimpa bangunan besar, harapan itu hancur. Luluh. Bidan menyuruh tidur, tapi aku malah tak bisa tidur. Nangis. Banyak hal yang berdesakan di hati dan pikiran. Khawatir, tidak terima, takut, sedih, bahagia, semua campur aduk.

Lalu ibuku bilang yang intinya, “sudahlah, fokus saja untuk bahagia, karena sebentar lagi ketemu anak yang sudah ditunggu lama”. Tentu redaksionalnya tidak seperti itu, dengan bahasa jawa plus mata yang berkaca-kaca.

Semua kondisi terus dipantau. Akupun sholat subuh dan mengaji di hp untuk menenangkan diri. Sekitar jam7 dokter anastesi datang, mengecek segala hal. Sekitar jam8 berganti baju operasi, pindah ke ruang OK, jam9 masuk ruang operasi. Daaaan….9.12 anak laki-laki lahir.


Awalnya seperti tersedak, lalu dia bisa menangis kencang membuat lega semua orang di ruangan. Obgyn menaruh si anak lanang di dadaku, sambil berkata “nih yang minta dijemput, gak mau keluar sendiri”, dan semua tertawa.

Di lauhul mahfudz sudah tertulis, siapa akan lahir tanggal berapa. Namun kadang sampai sekarang aku masih penasaran, jika aku tunggu saja sampai 17 februari, apa yang terjadi. Apakah dia lahir normal seperti orang kebanyakan? Tidak ada yang pernah tahu kan?. Tapi suami selalu mengingatkan untuk tidak memikirkan hal yang demikian, tugas kita hanya berusaha dan berdoa dengan maksimal.

Begitulah cerita kelahiran anak lanang, cerita yang seharusnya ditulis 5 tahun lalu.

17 Feruari 2021 ini, anak sulungku genap 5 tahun.

Mas, besok mas ahsan umur 5 tahun lo”, aku bilang padanya saat kami ngobrol sehari sebelumnya.

“Terima kasih ibukk” dia bilang sambil memelukku.

Terima kasih apa mas? Ibuk gak beliin apa2 lo”

“Yaa terima kasih aja”, ucapnya tulus

Duh, gitu aja ibukmu ini sudah mbrebes terharu mas.

Semoga Allah limpahkan segala rahmat dan nikmatnya padamu, semoga anak lanangku jadi shalih, sehat, cerdas dan penyejuk hati orang tuanya.

One thought on “17 Februari

  1. Pingback: Menjelang 17 februari – Daily Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s