Perspektif

Don’t judge people the choices they make when you don’t know the option they had to choose from.

Jam Dinding Juventus

Apa yang terbersit dalam pikiran anda saat melihat foto di atas?

Kata adek Alma, itu bentuk lingkaran. Sedangkan kata mas Ahsan, itu adalah bentuk segi sepuluh, karena sisinya ada sepuluh. Setelah mengernyit sebentar dan meneliti gambar itu lagi, aku setuju. Ok, bisa juga dikatakan sebagai segi sepuluh.

Lalu bagaimana pendapatku? Tentu yang terlihat di mata ibuk, itu adalah Juventus. Klub sepakbola paling keren sepanjang masa.

Mana yang salah dan mana yang benar? Setiap orang berhak berpendapat. Ketiga pendapat di atas adalah opini. Dimana menurut KBBI,

opini/opi·ni/ n pendapat; pikiran; pendirian;

Opini atau pendapat ini muncul dari persepsi. Persepsi lahir dari perspektif atau sudut pandang. Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda.

Ambil dari KBBI lagi,

perspektif/per·spek·tif/ /pérspéktif/ n 1 cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya); 2 sudut pandang; pandangan;

persepsi/per·sep·si/ /persépsi/ n 1 tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu; serapan; 2 proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya;

Adek melihat lingkaran jam dinding, Mas Ahsan melihat garis yang mengelilingi angka jam dinding, sedangkan ibuk melihat gambar yang ada di dalam jam dinding. Dari sudut pandang yang berbeda itu mempengaruhi persepsi yang kemudian membentuk opini yang berbeda pula.

Sudut pandang bersifat terbatas dan sempit. Jadi saat akan berpendapat atau bertindak, selayaknya kita melihat sesuatu dari banyak sisi, memandang dari banyak sudut. Karena kalau hanya satu sudut saja, akan menimbulkan persepsi yang tidak sempurna. Persepsi yang tidak sempurna inilah yang sering menghasilkan opini-opini timpang.

Pun kita tidak bisa buru-buru menghakimi pendapat atau tindakan orang lain. Kita tidak bisa melihat setiap sudut hidup orang lain. Karena dalam hidup ini, setiap wajah punya sejuta kisah.

 

 

4 thoughts on “Perspektif

  1. Aku melihatnya bola :D. Jadi dlm pikiran itu bulat :D.

    Tapi setuju, perspektif itu bisa beda2 tergantung dari mana kita melihat. Angka 9&6 aja bisa jd bahan perdebatan kalo diliat dr sisi berbeda :D.

    Makanya aku sebisa mungkin ga mau menyalahkan apapun opini orang. Bebas2 aja. Toh bisa jd dia melihatnya dr perspektif yg berbeda dr kita ;).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s