Cerdas Finansial : Konsep Rezeki

Bismillahirrohmanirrohiim…

Tidak ada satupun yang bergerak di muka bumi ini kecuali Allah yang menanggung rizkinya. (QS. Hud: 6).

Sebagaimana kutipan ayat AlQur’an di atas, Allah sudah menjamin rezeki setiap makhlukNya. Apa itu rezeki? Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untuk manusia, baik itu harta, pakaian, makanan, keluarga, kesehatan, pendengaran, penglihatan dan segala sesuatu yang dapat manusia rasakan itulah arti rezeki yang sebenarnya.

Uang adalah salah satu bentuk rezeki yang Allah jamin untuk kita. Sebagai manusia, kita wajib berusaha untuk menjemputnya.

Rezeki itu pasti, kemuliaanlah yang harus dicari.

-Institut Ibu Profesional-

Saya sudah 1,5 tahun menjalani profesi sebagai ibu rumah tangga tanpa mendapatkan slip gaji lagi. Selama ini tugas saya mengelola uang dari suami dan berdoa semoga Allah tambahkan berkahNya. Ada kalanya saya kangen punya penghasilan sendiri, tapi suami selalu mengingatkan untuk bersabar dan menunggu saat itu tiba. Semua ada waktunya, begitu yang selalu beliau katakan. Baiklah, mari jalani peran ini dengan sebaik-baiknya.

Cerdas finansial bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mendapatkan dan mengelola keuangan. Dengan berusaha mengelola keuangan dengan baik, kita bertanggung jawab bagian rezeki yang kita dapatkan di dalam kehidupan ini. Sebelum mendidik anak cerdas finansial sejak dini, saya sebagai ibu harus terus belajar dan memantapkan diri tentang konsep rezeki.

Sebenarnya kami sudah sering berdialog dengan mas ahsan tentang rezeki, semoga allah pahamkan.

Misal saat Mas Ahsan sering bertanya : “kenapa bapak kerja?” Dia berharap bapak juga menemaninya bermain seharian. Biasanya bapak bilang “bapak nyari pahala mas, menjemput rezeki”

Atau saat mas ahsan susah makan, biasanya ibuk bilang : “mas, makanan ini termasuk rezeki dari Allah. Allah sudah kasih mas ahsan badan yang sehat sempurna, kita harus bersyukur, salah satunya dengan makan.” Biasanya kalau bawa nama Allah, anaknya nurut. Alhamdulillah mau beberapa suap.

Menanamkan konsep rezeki pada anak hakikatnya adalah pembelajaran juga bagi kami orang tua untuk selalu ingat bahwa begitu besar rahmat dan nikmat yang telah Allah anugerahkan.

#Day1
#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari#CerdasFinansial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s