Posted in riris banget

Nice HomeWork #6

Bismillahirrohmanirrohim..

Setelah minggu kemarin hanya berupa draft dan belum disetor sampai sekarang, nice homework #6 ini insyaAllah akan muncul dengan status posted. Dalam review materi sebelumnya, dalam belajar apa saja boleh dilakukan kecuali yang tidak boleh. Yaitu hanya berdiam diri tanpa mencoba dan berusaha. Dengan semangat yang sedang timbul tenggelam, mari membahas sedikit tentang aktivitas saya sehari-hari.

Saya ibu bekerja dengan 1 anak, kami hanya bertiga tinggal di rumah. Saya, suami dan anak. Alhamdulillah, suami saya yang baik hati itu, sering membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Misal bersih-bersih rumah, mencuci baju dan pekerjaan insidental lainnya.

Aktivitas yang menurut saya sangat penting:

  • sholat
  • memenuhi semua kebutuhan anak, mulai dia bangun sampai tidur lagi.
  • memasak

Untuk aktivitas tidak penting, biasanya saya lakukan bersamaan dengan aktivitas lain:

  • nonton drama korea. Aktivitas ini biasanya saya lakukan dalam perjalanan di krl ketika berangkat/pulang kerja. Atau saya lakukan ketika saya makan.
  • keliling olshop di IG dan beberapa toko online lain, ini biasanya saya lakukan di jeda pekerjaan kantor atau di krl atau menjelang tidur.
  • mengulur-ngulur waktu. Misal setelah nidurin anak, saya harus menyiapkan makan malam. Biasanya saya leyeh-leyeh dulu.

Sebagai ibu bekerja, aktivitas rutin dan hari senin-jumat sebagai berikut:

  • Bangun tidur (03.00-04.00) sampai berangkat kantor (06.00-06.30).

Dalam rentang waktu ini, aktivitas yang saya lakukan sholat malam, memasak, sholat subuh, menyiapkan bekal suami dan anak, mandi, sarapan, memandikan anak, menyiapkan keperluan berangkat kantor, mengantar anak dan berangkat kerja.

  • Berangkat kantor sampai pulang lagi. antara 06.00-06.30 sampai 17.00-18.00.

Jarak rumah dengan kantor yang lumayan jauh, membuat rentang waktu kedua dalam keseharian saya ini menjadi sangat lebar. Aktivitas di rentang waktu yang lebar ini meliputi perjalanan berangkat kerja di krl, 9jam bekerja, perjalanan pulang kerja di krl, mandi, menjemput anak.

  • Aktivitas malam.

Pekerjaan rumah yang belum dikerjaan di pagi hari, biasanya saya selesaikan di rentang waktu ini. Beres-beres rumah, mencuci botol dan tempat makan anak, menyiapkan bahan untuk masak esok hari, mencuci baju. Semua aktivitas tersebut dilakukan setelah menemani anak bermain dan menidurkannya.

Karena senin-jumat yang sangat padat, saya menjadikan sabtu adalah hari libur nasional. Saya libur memasak, saya lebih sedikit mengerjakan pekerjaan rumah. Hari sabtu adalah hari bersama anak dan suami. Walaupun jadwal setrika baju saya ada di malam minggu dan malam senin 🙂

Hari minggu mulai persiapan untuk sepekan ke depan, mulai belanja sayur dan lauk dipasar, menyiapkan lauk-lauk yang gampang misal ungkep ayam simpan di kulkas digoreng sewaktu-waktu, membuat kaldu untuk si anak, dan seterusnya.

Ketika dievaluasi, ada beberapa perbaikan yang harus saya lakukan:

  1. Mengganti aktivitas tidak penting dengan hal-hal yang penting.
  2. Memaksa diri untuk bersegera move on dari aktivitas satu ke aktivitas yang lain.

Semoga dalam seminggu ini, perbaikan tersebut bisa dilakukan dan berkelanjutan untuk minggu-minggu selanjutnya.

 

 

 

Leave a Reply

