Posted in riris banget

Nice HomeWork #4

Memasuki pekan ke-4, saya merasa materinya makin berbobot dan butuh untuk dicerna lebih lama. Apalagi terkait nice homework #4 ini, saya harus mereview sendiri apa yang sudah saya dapat dan apa yang saya sudah rencanakan. Karena sebagaimana telah dijelaskan dalam materi “Mendidik dengan Kekuatan Fitrah”, saya harus jadi saya sendiri. Menempuh jalan hidup sesuai misi dan visi.

“Just DO It”, lakukan saja meskipun anda belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan anda lewat lakukankehidupan kita.

Baiklah, mari kita cek satu persatu sudah sejauh mana saya melangkah.

Ketika membaca kembali NHW#1, saya akan tetap mempelajari ilmu management ini. Karena menurut saya, ilmu yang harus saya kuasai pertama kali, dan akan diimplementasikan terus menerus dalam kehidupan. Karena ilmu ini sangat luas, saya harus membuat list sesuai prioritas kebutuhan. Bagi saya, ilmu management akan dibagi dalam:

  1. Management diri, meliputi: Management emosi, pikiran, waktu
  2. Management rumah tangga, meliputi: finansial, kesehatan keluarga
  3. Management peran, meliputi : pendidikan anak, kemampuan profesionalisme dalam pekerjaan

Untuk ilmu-ilmu lain akan dipelajari seiring kebutuhan.

Ketika mengevaluasi checklist di NHW#2, alhamdulillah 90% sudah sesuai dengan target. Hal-hal yang tidak terduga menyebabkan 10% sisanya belum terpenuhi. Konsistensi memang perlu dibangun setiap saat dengan penggabungan niat yang kuat. Saya masih kurang lihai mengatur waktu ketika hal-hal tidak terduga terjadi.

Ketika merenungi kembali NHW#3, saya masih belum menemukan gambaran spesifik tentang maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini. Namun, saya akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan setiap peran yang melekat pada diri saya.

Setelah dua hari berdiskusi dengan suami atas kegalauan saya tentang membaca maksud Allah, suami saya bilang : “sudah, lakukan semaksimal mungkin yang ada sekarang. Sambil terus berusaha “membaca” maksudNya”.

Dan hanya seperti inilah untuk sementara tulisan ini berakhir.

Leave a Reply

