Muncul di Permukaan

Apa bedanya terapung, melayang dan tenggelam? 3 hal ini katanya hasil turunan dari Hukum Archimedes. Seingat saya, itu karena massa jenisnya. Massa tiap satu satuan volume. Terapung ketika massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis air, kalau dia sedang berada di air. Melayang tentunya ketika massa jenisnya sama. Tenggelam, ketika massa jenisnya lebih besar dari massa jenis air misalnya.

Saya membayangkan, massa jenis bagi saya adalah sesuatu yang bisa saya kendalikan. Saya bisa mengontrolnya menjadi sangat kecil sehingga saya dengan leluasa bisa terapung, menghirup udara segar, memandang indahnya langit. Atau suatu saat, saya bisa membuatnya besar, agar saya bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut.

Kita harus bisa mengontrol seberapa banyak energi yang kita keluarkan untuk suatu hal. Karena massa jenis air dan minyak itu berbeda, tenggelam di air dan di dalam minyak itu tentunya juga berbeda.

Ok, sebelum semua semakin ngelantur, saya terapung sekarang, muncul di permukaan. Setelah 3 minggu “tenggelam”. :p

Hello World🙂

Bandung, 14-01-2013. Sore hari, ketika paginya ngobrol dengan ibu tentang tidak perlunya menghabiskan energi hanya untuk regulator kompor. =))

4 thoughts on “Muncul di Permukaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s