Save Delivery

Tiket di foto ini adalah tiket film Premium Rush. Film ber-genre action. Genre kesukaan saya. Film ini lumayan seru walau levelnya menengah, bisa ditebak akhirnya seperti apa. Sebagaimana film action yang lain, Premium Rush ini juga dibumbui adegan-adegan kocak. Bercerita tentang wilee, seorang kurir bersepeda yang bekerja pada suatu agen pengiriman cepat yang bernama Save Delivery. Jangan membayangkan sebagaimana pak pos di indonesia, kurir yang ini istimewa. Menyusuri jalanan kota dengan bersepeda secepat mungkin, berjibaku dengan mobil dan kendaraan lain di jalanan. Sok atuh nonton kalau pengen lihat aksi seru si wilee ini.

dari cdn.theatlantic.com

Di salah satu scene ketika detektif Bobby Monday meminta paksa paket yang seharusnya diantarkan wilee, kalau menggunakan bahasa saya, wilee kurang lebih berkata : “punten ya mang, namanya juga SAVE delivery, saya harus mengantarkan paket ini sampai ke penerima dengan aman”. Itu scene yang membuat saya menghela nafas, tersenyum teringat sesuatu.

Ini tentang amanah. Ketika seorang teman curhat, kemudian ada embel-embel “jangan bilang siapapun ya, yang tahu ini hanya orang itu, orang ini dan kamu”, respon pertama mungkin bangga karena dipercaya teman, tetapi setelah itu ada tanggung jawab untuk benar-benar menjalankan amanah itu. Keep silent.

Dan jangan anggap remeh kalau kita sudah berjanji, “iya, gak akan bilang siapapun kok”. Karena setiap janji akan diminta pertanggungjawabannya.

“Dan penuhilah janji, karena sesungguhnya janji itu akan ditanyakan.” (Al-Qur’an surah Al-lsra’ ayat 34).

Akan mudah menjaga amanah seperti itu ketika rahasianya tidak berdampak besar. Namun ketika ternyata rahasia itu berdampak besar dan bahkan mengarah kepada kondisi yang mengkhawatirkan, akan banyak sekali godaan untuk membicarakan rahasia ini kepada yang lain, untuk mencari solusi pastinya. Dan janji itu akan sangat diuji ketika menurut kita, orang yang bisa mengurangi tingkat kekhawatiran atau yang punya solusi masuk dalam list “jangan kasih tahu orang itu“.

Tapi janji tetaplah janji yang harus ditepati. Kita harus sekuat tenaga menjaga amanah yang telah kita terima, dan berdoa sebanyak banyaknya semoga Allah memberikan jalan terbaik. Dan it’s work. No worries. Allah punya jalan sendiri untuk memberi tahu si punya solusi. Yang begini, saya pernah mengalami.🙂

12 thoughts on “Save Delivery

  1. yup. ketika kita sudah tak bisa menjaga amanah, maka kita akan sulit mendapatkan kepercayaan lagi.

    Jadi ingat sebuah nasihat (tak berkaitan tentang amanah), ini tentang #bohong :

    “hukuman pertama kali dari orang yang berbohong adalah dia akan tetap dianggap bohong, meski saat itu dia berkata jujur”.

    koheren dengan menjaga amanah, kita akan tetap tidak dipercaya, meski saat itu kita ingin berjihad menjaga amanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s