Mana Ekspresimu

Biasa menggunakan komunikasi teks yang mana anda sekarang? Walaupun banyak aplikasi messaging, saya rasa sms masih populer digunakan. Setiap orang punya gaya sendiri-sendiri dalam mengungkapkan kata melalui sms. Mulai dari yang polos saja tanpa singkatan (contohnya bapak saya), menggunakan singkatan yang kadang tidak lazim (contohnya adek saya yang cowok), atau menulis cara alay yang lagi ngetrend digunakan anak abg jaman skrg (contohnya adek saya yang cewek), atau model standard menggunakan singkatan yang lazim (contohnya ibu saya). Atau sedikit kata tapi menggunakan banyak ekspresi (kayaknya itu saya).

Dalam berkomunikasi langsung, berbicara face to face, ekspresi berperan penting. Ekspresi bisa diketahui dari mimik wajah dan intonasi. Namun, ketika komunikasi teks, tidak ada 2 hal tersebut.

Kalau saya, biasa bermain di penulisan kata ketika mengungkapkan sesuatu. Menggunakan pengulangan untuk sesuatu yang antusias atau penambahan huruf untuk penekanan. Misalnya “mana mana mana?” atau “enggaaaaakkkk“. Tapi juga tergantung konteks kalimat sebelumnya dan isi pembicaraannya tentang apa. Karena jika sepintas saja membaca, bisa ditafsirkan kalau kata itu untuk menggambarkan amarah.

Atau orang yang ekspresif mungkin menggunakan emoticon (emotion dalam bentuk icon) untuk menunjukkan ekspresinya. Misalnya contoh di atas diganti dengan “mana mana mana? ^^“, akan berbeda rasanya di penulis maupun yang menerima pesan. Atau yang ini “enggaaaaakkkk :p” ? beda juga rasanya.

Bagi saya, ekspresi dalam komunikasi teks ini sudah mewakili mimik wajah dan lebih jauh lagi menggambarkan seberapa resmi, seberapa “cair” hubungan silaturahmi dalam komunikasi itu. Karena dalam komunikasi resmi, agak aneh apabila kita menggunakan emoticon.

whatsapp imajiner

Seiring dengan berkembangnya messaging, eh messaging apa social network yah? jenis emoticon juga mengalami perkembangan. Tidak hanya emotion saja, tapi sudah sampai gambar utuh yang lucu-lucu. Dari awal juli lalu, e44 (alumni jurusan teknik elektro angkatan saya) mulai heboh menggunakan grup di LINE yang sampai saat ini lebih aktif dari milis kami. Dan salah satunya karena ekspresi di LINE ini lucu-lucu.

LINE e44

Bagi yang datar-datar saja ketika komunikasi teks dengan teman, bisa mencoba menggunakan emoticon untuk menggambarkan ekspresimu, dan silakan rasakan bedanya.🙂

Jadi, mana ekspresimu?

3 thoughts on “Mana Ekspresimu

  1. Secara keseluruhan, dalam hubungan dikenal istilah komunikasi verbal dan nonverbal, Emosikon mampu melayani fungsi nonverbal untuk melengkapi dan meningkatkan pemahaman pesan-pesan verbal. Kesulitan penerjemahan dan kesalahpahaman yang terjadi selama ini pada pesan berupa teks murni dapat direduksi dengan baik. Emosikon tersebut mampu mewakili berbagai ekspresi wajah, mulai dari senyuman, kesedihan, dan bahkan sarkasme. Emosikon dipandang sebagai sebuah pelengkap berbentuk komunikasi nonverbal tertulis yang mampu diterima dan diterjemahkan oleh seluruh kebudayaan. Dengan demikian, pengguna Internet yang selama ini banyak menggunakan teks murni untuk berkomunikasi dan berinteraksi dapat pula memperlihatkan perasaannya melalui mimik wajah. Sehingga pesan dapat disampaikan dengan sebenar-benarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s