Seriusan?

Hah? Seriusan??

Itu ekspresi mamah beberapa waktu lalu, mamah-cantik, mamah di keluarga imajiner saya. Maksudnya seriusan = serius, sungguh-sungguh.

Pertama kali mendengar kata “seriusan” ini ketika saya di bandung. Dan saya mengira kata ini termasuk bahasa sunda, “serius” dalam bahasa sunda. Seperti halnya “ditungguan”, “dicobian” dan kata dengan imbuhan -an lainnya.

Ternyata “seriusan” ini tidak hanya saya temui di bandung. Teman saya yang di jakarta juga memakai ini. Seringnya dipakai dalam kalimat tanya penegasan. Mungkin kata ini muncul sebagai pengganti “beneran??”, kata gaul lain, “benar” dengan imbuhan -an. Atau memang banyaknya orang jakarta yang ke bandung ketika weekend menjadi sarana penyebaran penggunaan kata “seriusan” ini.

Banyak sekali bahasa yang sudah beralih makna dan penggunaan. Contohnya “secara” dan “sesuatu”. Dan semacam bahasa gaul lain yang sadar atau tidak sudah keluar dari makna yang seharusnya. Entah ini keragaman bahasa hasil kecerdasan manusia atau hanya untuk lucu-lucuan belaka. Entahlah. Tapi masyarakat memang sudah menikmati menggunakan kata-kata itu. Termasuk saya.

Untuk yang “seriusan” ini, saya masih penasaran munculnya dari mana. Seriusan, saya gak paham. #eh

3 thoughts on “Seriusan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s