Garcinia Mangostana

Saya bukan penyuka buah manggis (Garcinia mangostana), manggis adalah kesukaan ibu saya. Tapi kalau sedang di rumah dan ibu kebetulan membeli, saya juga mau-mau aja. Tapi akhir-akhir ini saya suka buah manggis.

Dari google

Beberapa minggu yang lalu, ada sariawan di lidah. Sangat mengganggu, padahal tidak begitu lebar sih. Tapi karena di ujung lidah, rasanya jadi luar biasa. Ketika ke swalayan dekat kantor, entah kenapa saya iseng beli buah manggis. Sudah lama sekali tidak makan buah manggis, hanya itu yang terlintas di pikiran waktu itu.

Saya belum pernah menggunakan obat khusus sariawan. Biasanya makan buah, madu, sari kurma dan makan makanan yang pedas (eh, bukannya biasanya juga gt, hehe). IMHO, karena salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin c, maka dibutuhkan supply vitamin c, nah, cabe kan mengandung vitamin c dosis tinggi. Hehe..tapi entah kalau dosisnya terlalu tinggi malah jadi iritasi.

Terus apa hubungan sariawan dengan buah manggis? Entah karena memang sudah waktunya sembuh, entah karena madu, entah karena sari kurma, sariawan saya sembuh dalam 3 hari selama saya makan buah manggis. Padahal kalau sariawan biasanya seminggu. Alhamdulillah, Allah menyembuhkan dengan obat yang enak-enak.🙂

Karena penasaran, saya cari tentang buah manggis di google. Subhanallah, ternyata khasiat buah manggis itu sangat banyak, bahkan kulitnya pun bermanfaat. Beberapa manfaat buah manggis : Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation / anti peradangan),  Anti-biotic (modulates bacterial infections). IMHO, dua di antara banyak manfaat buah manggis yang ada hubungannya dengan sariawan saya. Banyak sekali tulisan yang menjelaskan tentang manfaat buah manggis, diantaranya ada di sini dan sini. Dan ternyata sudah banyak ektrak buah manggis yang di jual di pasaran.

Walaupun banyak manfaatnya, namun bagi saya, buah manggis tidak sefleksibel buah mangga cengkir favorit saya. Karena buah manggis tidak bisa menemani saya membaca atau saat menulis seperti ini.

Mangga cengkir paporit

Buah mangga cengkir (yang sekarang sudah tidak musim dan sedang hilang dari peredaran) adalah salah satu teman membaca dan menulis yang mantab, selain wafer orange superstar dan kripik kentang ebi.🙂

10 thoughts on “Garcinia Mangostana

  1. hemm aku suka buah manggis dan mangga. Jeruk juga suka. Ya pokoknya yang enak-enak ya suka. Yang ndak suka buah mengkudu, padahal buah ini kan 1001 manfaat he he.

  2. manggis ya, wah ada ide baru buat obat sariawan nih. klo 3 hari sembuh, itu termasuk cepat sekali recoverynya. biasanya sy makan vit C atau redoxon kalau sariawan, sangat manjur. soalnya dosisnya tinggi

    1. kalo sariawan, biasanya saya memakai albothyl. itu ndak perlu nunggu seminggu. 3 menit dah sembuh ^_^. maksudnya ndak ga ngerasa sakit lagi. klo bener2 lukanya nutup lagi biasanya 2 hari dah beres. Tentu dengan pemakaian yang teratur.

      1. iya tapi musti tahan sakit, setelah dioleskan ke tempat sariawan rasanya sakiiiiiiit banget, tapi cuma beberapa detik (ndak sampai menitan). Nah setelah itu mau dipake makan nasi padang dah enak banget ^_^

    1. Kulitnya diiris kecil trus di jemur, trus celup 2-3 irisan kulit yang kering ke air hangat, airnya di minum untuk penderita rematik. berguna untuk membuat asam ureat dalam tubuh. Eh, tapi aku belum coba sih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s