Istimewanya Seorang Wanita

Agar ilmu yang saya dapat tidak cepat luntur, saya akan menuliskan beberapa point yang saya dapat ketika seminar seminggu yang lalu. Sebagaimana proses komunikasi, kadang ada error, noise maupun interferer. Jadi mungkin yang saya tulis di sini tidak sepenuhnya seperti apa yang telah disampaikan oleh pemateri. Bagi yang tidak sengaja membaca dan kebetulan mengikuti seminar itu, atau memang mempunyai pengetahuan tentang point-point di bawah ini, mohon menambahkan kekurangannya atau membetulkan apabila ada yang kurang benar.


Seperti saya tulis sebelumnya, seminggu yang lalu saya mengikuti seminar muslimah yang diselengarakan oleh salah satu pesantren tinggi tahfiz di bandung.  Point-point berikut adalah ilmu yang saya dapat di sesi pertama seminar ini, pematerinya adalah Dr.dr.Tauhid Nur Azhar :

  • Di Setiap sel dalam tubuh kita terdapat protein yang mampu mengingat/merekam setiap apa yang kita dilakukannya. Sayangnya saya tidak mencatat nama protein itu, namanya panjang, sekitar 3-4 kata. Jadi benar ketika nanti saat kita dihidupkan kembali untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah kita lakukan di dunia, bukan mulut lagi yang bicara, namun seluruh tubuh ini yang akan jadi saksi.
  • Dengan menangis, air mata yang keluar ternyata dapat merangsang hormon endorphin sehingga kita menjadi lebih tenang. Dalam air mata juga mengandung banyak protein yang diantaranya protein penyebab stres. Jadi benar ketika kita menangis, kita jadi merasa lebih lega. Bahkan beban yang sebelumnya terasa berat jadi lebih ringan. Lebih luar biasa tenang apabila setelah qiyamul lail kita menangis memohon ampun dan menyerahkan semua persoalan hidup kepada Allah.
  • Istimewanya seorang wanita (1). Karakter dan sifat seorang manusia, didapat secara genetis 75% dari ibunya dan 25% dari ayahnya. Maka sangat penting setiap wanita untuk selalu meng-upgrade kualitas diri untuk melahirkan generasi yang baik. Dan tentunya tidak sampai disitu saja, karena pendidikan pertama seorang anak adalah dari ibunya. Jadi benar kalau islam telah mengajarkan untuk memilih seorang istri yang dipertimbangkan pertama kali adalah agamanya, akhlaqnya.
  • Istimewanya seorang wanita (2). Seorang manusia, hanya mendapat DNA-Mitokondria dari ibunya. Mitokondria ini bersifat unik yang berfungsi untuk respirasi sel, yaitu cara yang digunakan sebuah sel untuk mendapatkan energi, kata dr.tauhid, energi untuk melihat kehidupan.
  • Istimewanya seorang wanita (3). Kadang ada yang bilang, seorang wanita berfikir memakai perasaannnya. Ternyata itu sepenuhnya tidak benar. Seorang wanita, apabila mendapat suatu informasi dari luar, informasi itu akan diterima oleh otak bagian amygdala, kemudian diteruskan ke seluruh memori dalam otak. Jadi, seorang wanita cenderung lebih detail dalam melakukan sesuatu, dan ketika bereaksi terhadap sesuatu, biasanya menggunakan banyak pertimbangan yang melibatkan semua memori yang telah tersimpan dalam otak bahkan mengaitkannya dengan hal-hal yang telah lama berlalu.

Itulah beberapa point yang saya dapat. Pemateri Sesi kedua seminar ini adalah Oki Setiana Dewi. Banyak sekali kisah inspiratif yang disampaikan Oki. Dan subhanallah, ternyata beliau sekarang sedang tinggal di salah satu rumah tahfiz di jakarta untuk menghafal Al-Qur’an. Lebih detail tentang kisah inspiratifnya, bisa langsung baca bukunya yang berjudul “Melukis Pelangi”.

Di sesi terakhir ada muhasabah dari Kh. Syaiful Islam Mubarok Lc. M.Ag . Muhasabah yang luar biasa, mengingatkan saya untuk terus akrab dengan alquran, selalu memperbaiki diri, meningkatkan kualitas diri, tidak menunda berbuat baik.

Bagi saya, seminar kali ini luar biasa. Saya sangat dimudahkan untuk datang, bahkan seperti digiring begitu saja. Bagaimana tidak, saya hanya diajak teman, dibelikan tiketnya pula, tinggal berangkat. Dan ternyata subhanallah, banyak sekali pelajaran yang saya dapat.  Subhanallah. Alhamdulillah.

6 thoughts on “Istimewanya Seorang Wanita

  1. wah sejak kapan fin guyonan mu makin ngeri aja. Hmm… kalimat yg saya suka yang ada hubungan dengan wanita adalah,
    “Wanita diciptakan dari tulang rusuk seorang pria”.

    Katanya wanita dibanding prialebih dominan perasaan dibanding logika. Sedangkan pria kebalikannya, sehingga peran ibu ketika membesarkan anak lebih dominan. Tapi klo di xirka perasaan teh felis, & riris jago2 ya baca paper ya😀

  2. spy selalu tenang dn lega sering2lah menangis dg mndengar lagu2 sedih sering menonton film/sinetron drama yg byk mengisahkan kesedihan
    karena setiap anak yg dilahirkan scr genetik mempunyai sifat2 Feminin 75% dari ibunya maka anak laki2 yg lahir lbh suka main boneka dan masak2an drpd main bola atau robot2an, lbh suka memakai gaun drpd jins,suka memakai make up/riasan berjam2 di dpn kaca,mengalami menstruasi saat rmja, cnderung mnjdi ‘pria feminin’ (bencong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s