Cinta Lama Bersemi Kembali

Pada awalnya membuat blog dan menulis di sini, saya hanya ingin menuliskan tentang otak kanan dan hati, bukan otak kiri. Menceritakan sisi lain saya, terlepas dari technology, electrical engineering, telecommunication, coding dan teman-temannya. Tapi baiklah, untuk merayakan kebahagiaan saya, kali ini akan sedikit menyinggung tentang itu.

Saya membeli tv tuner gadmei pada juni 2010, sudah lama. Tv tuner ini saya beli ketika ramai world cup 2010. Ketika saya coba install di windows 7, hasilnya nihil. Gambar dan suara tidak muncul. Memang tertulis kalau gadmei ini kompatibel di windows XP dan Vista. Hmm.. pernah kepikiran untuk mengganti saja si windows 7 ini dengan XP atau Vista. Tapi saya belum rela kehilangan Chess Titans di windows 7. Karena sangat ampuh untuk hiburan. Teh Felis punya ide menaruh windows XP di ubuntu memakai virtualbox. Laptop saya dual boot, windows7 dan ubuntu. Setelah terinstall XP dan driver gadmeinya, tv tuner ini bisa memunculkan gambar namun tidak keluar suaranya. Jadi nonton bolanya sepiii banget, udah tidak ada suaranya, gambarnya pun tidak terlalu jelas. Kalau gambar yang kurang jelas, mungkin karena antenna yang kurang bagus. Kemudian tentang tv tuner ini terlupakan karena Teh Felis membawa TV ke kontrakan.

Ketika bulan Maret kemarin pindah kos, praktis di kamar saya yang baru tidak ada tv. Sedihnya, saya mengupdate bola hanya lewat livescore.com, sms, dan sekali-kali streaming. sms? seperti yg telah saya ceritakan di page ini, teman-teman kuliah saya masih rajin mengupdate score bola dengan mengirimkan sms ke saya. Mereka hanya sms kalau juve kalah. Bahkan pertandingan masih berlangsungpun kadang-kadang juga sms : “ris, gak mantau livescore tah? ndang dungo kono, juve ketinggalan iki. kapok. wkwkwkwk”. Fiuhh..masih saja mereka. Tapi untunglah, saya jadi update. Kalau tidak ada yang sms, berarti setidaknya juve seri. Kabar bagus.

Sampai pada minggu-minggu ini yang heboh sea games, pak Mul menginstall tv tuner di ubuntu 11.10 di kantor. Gambar muncul dengan jelas (karena antenna bikinan pak mul yang dasyat) namun suaranya gak muncul. Baiklah, ubuntu saya yang masih 10.10 akan saya upgrade ke 11.10 dan kembali menggunakan tv tuner yang sudah dikarduskan setahun lebih.

Ubuntu sudah saya upgrade sampai 11.04. Kemudian install tvtime dan dijalankan. Ding dong. Hasilnya cuma muncul bentar dan kemudian menghilang. Ini karena card tv tunernya yang tidak dikenali. Kemudian saya install driver tv tuner gadmei 330+. Dan gagal doong.. setelah nyari sana sini, katanya sih driver ini kompatibel untuk kernel yang agak lampau. Harus dipatch lebih dulu. Hmm…dari setelah isya sampai jam10 malem, ngutak-ngutek ini aja. Walaupun saya sudah merasa di ambang kebangkrutan (kuota axis saya pasti tersedot banyak), masih saya lanjutkan. Penasaran. Walau akhirnya menyerah, sudahlah. Sudah bangkrut, sudah capek, sudah putus asa. Dilanjut besok saja.

Laptop dan tv tunernya saya bawa ke kantor. Kata pak Mul, tv tuner gadmei 330+ ini akan bisa dipakai di ubuntu 10.04. Nah loh, udah terlanjur 11.04. 11.04 nya mau ditimpa aja tapi kok sayang, sudah banyak yang terinstall, sudah nyaman buat mainan dan kerjaan. Akhirnya pak Mul menyarankan untuk meresize Hardisk sekitar 10GB (segitu aja sudah cukup) dan diinstall 10.04. Baiklah, demiii sepakbola, laptop saya jadi triple boot, windows 7, ubuntu 11.04 dan ubuntu 10.04.

Ubuntu 10.04 sudah terinstall, tanpa mengupdate repositorynya, saya menginstall tvtime. Tvtime sudah siap dijalankan. Mengecek dulu semua konfigurasi, horeeee…semua sip, audio juga ok. Tapi ketika dijalankan, ternyata ada masalah. Input gambar secara default mengambil dari webcam dan channel managementnya tidak lengkap. Jadinya setiap kali menjalankan tvtime harus disertakan setting konfigurasinya. Untuk konfigurasi input device dengan -d /dev/video1 dan untuk channel management setting frekuensi menggunakan -f europe .


Terima kasih banyak Pak Mul. Akhirnya tv tuner ini bisa dipakai. Walaupun pertama kali dipakai untuk menonton timnas yang dikalahkan malaysia, tapi gak papa, begitulah sepakbola. Banyak kejutan di dalamnya.

Hmm…sepertinya cinta lama saya akan kembali bersemi. Saya mulai mencintainya dari kelas 6 SD. Cinta itu semakin besar dan mengalami puncaknya ketika saya SMA dan kuliah. Kemudian redup akhir2 ini. Cinta pada bola, menonton sepakbola. Selamat kepada saya, selamat menonton bola🙂

Untuk menonton televisi dengan linux ubuntu, pakailah ubuntu 10.04 Lucid Lynx

13 thoughts on “Cinta Lama Bersemi Kembali

  1. yuukkkk.. selamat ris… semoga dengan bisa menonton langsung, prestasi jupe menjadi menurun.

    tuh dah terlihat laga indonesia lawan malaysia ha ha…

    nanti ketika di semifinal jangan nonton ya.. ^_^

  2. fyuh fyuh… ngelu mocone opo iku mau, pegel linux? hehehe…

    ini cewek tapi hobi ngoprek komputer dengan OS linux, jarang2 lho…

    saya juga pengguna linux sih, centOS, tapi pengguna aja, nginstallnya ke server2 saya ya dibantu sama system administrator saya hehe..

  3. hmm, ini baru pertama kali sy baca tulisan riris mengeluarkan engineeringnya. Sebenarnya tulisan seperti ini masih gampang dimengerti ko. kalau sy bandingin antara fiffin, riris, sy, yang paling bagus tulisannya adalah tulisan mu ris. karena cara menceritakan nya bagus, berkesinambungan & mudah dimengerti. Kalau kamu menulis sisi engineering lebih banyak pasti mengerikan..haha. Tapi memang lebih berkesan ketika menulis lewat otak kanan & hati. gak bosen dibaca terus.

    Kalau menginstal pake virtual box kelemahannya adalah memory kita akan dishare menjadi 2 antara primary os dgn secondary os di dalam virtual box. makanya perlu memory yg tinggi. solusinya biasanya orang mem-partisi hardisk menjadi sebanyak OS nya dan menjadikan laptopnya 3 primary OS. Tapi hati-hati ketika membuang partisi salah satu OS, bisa-bisa malah berhasil membuang partisi OS nya tapi gagal booting😀. Hal ini karena file pilihan OS di awal ketika booting telah terdelete. Dulu sy pernah terjadi seperti ini, solusinya dengan merepair OS windows / Linux dari DVD installer nya.

    Kalau windows 7 kelebihannya di multithreading. dibanding dgn windows xp. makanya energy multithreading processor lebih efisien. tapi laptop yg bagus bukan terletak di seberapa kenceng clock processor nya, tapi seberapa besar cache processornya. …cari tahu di google ya kenapa bisa seperti ini!

    Kalau soal bola, waduh sy tahu dikit-dikit sih klo di juve ada zidane dan delpiero tapi udah pensiun kyaknya. kalau di timnas kayaknya yang sering jadi kambing hitam dan bola panas adalah bambang pamungkas. Tapi
    tetap dukung timnas, walau kalah…ya😀

  4. kalau sy bandingin antara fiffin, riris, sy, yang paling bagus tulisannya adalah tulisan mu ris

    wkwkwk kalau tulisan saya mah tulisan sampah… yang penting berbagi ^_^. Semangat nulis terus… karena tak pernah kita sadar bahwa ada mungkin satu dua orang yang mendapat inspirasi dari tulisan kita, dan karena nya dicatat sebagai pahala.

    Kalau soal bola, waduh sy tahu dikit-dikit sih klo di juve ada zidane dan delpiero tapi udah pensiun kyaknya. kalau di timnas kayaknya yang sering jadi kambing hitam dan bola panas adalah bambang pamungkas. Tapi
    tetap dukung timnas, walau kalah…ya😀

    yaaa,,, yang penting nanti malam nonton put…. Indonesia BISA….

    1. @mas fifin, @iput :

      bener put kata mas fifin, yang penting menulis, bahkan saya tidak peduli orang lain mau baca atau tidak, saya menulis blog untuk curhat aja, mengabadikan moment2 dalam hidup agar suatu saat nanti bisa dikenang dan dibaca kembali..kalau ada yang bisa mengambil manfaat ya alhamdulillah..

  5. teringat dulu, waktu sy kuliah juga sering ngoprek. klo teringat zaman zaman itu, sy dari pagi ampe malem, lanjut besoknya lagi hanya demi ngoprek FreeBsd dan website Php… & fiuh ding dong, hasilnya sekarang malah mainannya di chip…
    tapi sy mengakui ko, klo riris cewe. itu hanya prasangka riris aja klo orang mengiranya sebagai cowok. tapi jarang juga cewe jago ngoprek, apalagi engineer..hoho. itu langka loh ris, itu aset yang harus diamankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s