Percikan Air yang Menenangkan Jiwa *

*Majalah Tarbawi edisi 240 kolom Mukjizat Al Qur’an

Ilmu pengetahuan mengungkap pentingnya kebersihan tubuh, terutama melalui mencuci tangan secara teratur.  Sebuah fakta yang kian membawa keyakinan pada kita, bahwa islam menghamparkan kita ibadah yang sangat indah, yakni wudhu.

Berikut beberapa temuan dari para ilmuwan:
1. Menurut psikolog asal universitas Michigan Amerika, mencuci tangan sangat membantu menghilangkan rasa takut dan meminimalisir efek psikologis dari kesalahan yang dilakukan orang yang bersangkutan. Maka mencuci tangan bisa membantu seseorang untuk membuat keputusan lebih akurat, khususnya keputusan penting.

2. Penelitian yang dipublikasikan oleh Reuters tahun 2007, memcuci tangan secara teratur akan bisa lebih efektif melindungi diri dari penyakit, krtimbang tindakan preventif melalui obat dalam mencegah penyebaran virus perbafasan seperti influenza dan SARS. Dalam penelitian yang dikeluarkan British Medical Journal, melalui 51 penelitian  tersenut, disimpulan bahwa mencuci tangan merupakan cara yang efektif pada tingkat individu dalam pencegahan penyebaran virus yang menginfeksi saluran pernafasan.

3. Studi lain yang dipopulerkan oleh Cochrane Library, menemukan bahwa mencuci tangan cukup dengan sabun dan air meruapkan cara sederhana, mudah tapi  efektif mencegah penyebaran virus yang menginfeksi saluran pernafasan dari virus SARS yang telah menjadi epidemi.

4. Ilmu pengetahuan melalui berbagai kajiannya telah mengungkap bahwa metode paling baik untuk membersihkan pori-pori kulit wajah, tangan yang terkena bakteri dan virus adalah melalui mengusapnya dengan sesuatu dari tanah. Dalam debu atau tanah tersebut terdapat antibiotik yang bisa membunuh kuman.

5. Studi yang hasilnya diterbitkan dalam Journal Scientific American (2010), para ilmuwan mengatakan bahwa mencuci tangan dapat membantu orang dalam meminimalisir rasa takut dan khawatir dari kesalahan yang mereka buat sebelumnya. Setidaknya rasa takut dan khawatir itu hilang untuk sementara.

6. Spike Lee, peneliti dari University of Michigan menunjukkan sisi lain “Saya menemukan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, diterbitkan dalam jurnal ‘Science’ bahwa mencuci tangan dapat membantu orang merasa lebih baik tentang perilaku tidak etis yang mereka lakukan di waktu lalu.” Sementara para peneliti Amerika mengatakan : “Ketika orang melakukan tindakan buruk, ia merasa telah melakukan dosa di masa lalu, kekhawatiran itu masih tetap mengikuti mereka di tangan-tangan mereka. Dan dengan mencuci tangan, seolah olah mereka mencuci desa yang mereka lakukan di masa lalu”


Lalu bagaimana pedoman hidup kita Alqur’an telah memberikan petunjuk untuk kita? Ternyata islam telah mensyariatkan kita banyak sekali manfaat wudlu yang di dalamnya ada prosesi mencuci tangan, bahkan muka, lengan, rambut dan kaki. Bukan hanya satu kali bahkan minimal 5 kali sehari. Berikut Ayat-ayat Al-Quran dan hadist berbicara:

1. QS.Al-Maidah:6
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat. Maka basuhlah mukamu dan tangamu sampai siku dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub. Maka mandilah dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air(kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayamumlah dengantanah yang baik (bersih);sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu supaya kamu bersyukur.”

2. Diriwayatkan bahwa Abu Hurairah radliallahu anhu, Rasulullah saw bersabda, “Jika seorang hamba Muslim berwudlu, maka ia mencuci wajahnya sampai keluar dari wajahnya seluruh kesalahan yang ia lakukan bersamaan dengan tangannya maka akan keluar dari tangannya seluruh kesalahan yang ia lakukan dengan tangannya, bersama dengan air yang menetes. Dan bila ia mencuci kakinya, akan keluar dari kakinya seluruh kesalahan dalam berjalan yang dilakukan oleh kakinya, bersamaan air yang menetes. Sampai akhirnya ia bersih dari dosa.” (HR.Muslim)

3. “Barangsiapa yang berwudlu dan membaguskan wudlunya, maka akan keluar kesalahan-kesalahan dari tubuhnya bersama dengan air wudlu, sampai yang menetes melalui ujung kukunya.”(HR.Muslim)

Subhanallah,..mari kembali ke alquran dan hadist.

2 thoughts on “Percikan Air yang Menenangkan Jiwa *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s