Ekspedisi Perburuan Bebek di Bandung (episode 2)

Bebek oh bebek,.yuhuuu….hari jumat kemarin akhirnya ekspedisi bebek episode 2 dilakukan setelah tertunda beberapa minggu karena “penyakitku” yang tiba-tiba kambuh. dan jumat kemarin kami (saya dan feni) memutuskan untuk berburu bebek setelah feni benar-benar memastikan tidak ada masalah lagi dengan “penyakit”ku..

untuk bebek yang ini, letaknya agak jauh dari dua bebek sebelumnya yaitu di daerah taman lalu lintas. menurut bu amy, bebek ini favorit adik beliau, awalnya di jalan jawa kemudian pindah ke jalan belitung di daerah taman lalu lintas.

yup, taman lalu lintas, karena selama di bandung saya selalu memasrahkan ke sopir angkot klo kemana-mana so taman lalu lintas ini berada dmn, saya tidak tahu. feni pun lupa-lupa ingat lebih banyak tidak ingatnya..hehehe dan karena ketidaktahuan ini maka ada teman feni yang ikut sebagai guide…hohhoho..jadi kami bertiga saya, feni dan inno.

Ternyata dengan sekali angkot saja, kami langsung sampai di depan warung tenda “BEBEK DARMO”, naik angkot kalapa-dago. waah…ternyata ramai juga, tempat duduknya penuh persis setelah kami dapat tempat duduk.. sip…kami pun memesan 3 bebek goreng, 3 nasi putih, teh anget, es teh manis dan es jeruk..

Sistem antreannya kayak di bebek boromeus, pakai nomor gt tapi semua di handle pelayan2 disitu, kita tinggal pesen di kursi dan nunggu makanan di antar ke meja kami..sesuatu yang menarik perhatian ketika nunggu makanan adalah pengamennya.

Jadi, ada pengamen, satu grup musik ada 3 orang bapak paruh baya, menyanyikan lagu asing romantis dan lagu-lagu latin woww…baguuuss bgt, serasa ada dimanaaa gt (lebayy..hehehehe..) tp bener kok..sungguh enak didengar perpaduan musik dan vocalnya..jadi tidak terlalu terasa lama menunggu..yang kami heran, kenapa pengamen ini terus saja bernyanyi  (kami datang, mereka sudah ada disitu, sampai kami pulang masih terus bernyanyi) tanpa mengedarkan sesuatu untuk kami bisa meletakkan uang sebagai ganti kami telah mendengarkan lagu2 bagus tersebut..ato memang pengamen ini sudah disewa oleh pemilik bebek seperti layaknya penyanyi2 cafe?woww…gak tau juga..apapun itu, keberadaan mereka sangat membuat nyaman..

Setelah menunggu agak lama, bebekpun sudah terhidang di meja..kami pun mulai makan…dan….jeng jeng… sayapun memberikan penilaian:

  • bebeknya enak, bumbunya terasa, digoreng dengan garing (kayaknya paling garing dari dua bebek yang telah kami buru) tapi yang membuat bebek darmo ini minus adalah sambalnya…tidaaaakkk….sangat mengecewakan..tidak terasa..
  • sambalnya sekelas sambel di nasi uduk keputih ITS belakang (mungkin tatin ma tantri masih ingat rasanya)
  • porsi nasinya terlalu banyak (untuk saya)
  • harganya selevel dengan bebek boromeus

Selain bebek, di tempat itu juga menyediakan lele, ayam, burung dara.

Dari ketiga bebek yang telah kami buru, saya dan feni sepakat klo bebek van java yang paling recommended, diambil nilai rata2 dari bebek dan sambalnya, nilai bebek van java yang paling tinggi.

Untuk ekspedisi selanjutnya mungkin ke bebek setan, alamatnya dmn kami masih belum tahu..

24 thoughts on “Ekspedisi Perburuan Bebek di Bandung (episode 2)

  1. Wah, kalo aq sekeluarga bebek Boromeus yang paling TOP
    Sampe-sampe, kalo ke Bandung, Mama mesti ngidamnya bebek itu.
    tapi emang, antriannya ga kira2..telat malem dikit aja udah abis..

    Dari cara ngomongnya pelayan yang saling berinteraksi, kaya’nya mereka orang Jawa..
    kalo makan disitu mesti kangen penyetan pas di kampus dulu. wah,emang TOP deh makanan-makanan khas Jawa..hehe..

  2. @ noviarini

    iya nov, dari cara ngomongnya pelayan kelihatan bgt klo
    mereka dari orang jawa, jawa surabaya gt…hehehe….
    klo bebek enak yang deket kampus tuh ya bebek purnama
    di keputihh….yummiii…
    btw, ternyata keluarga novia juga seneng
    bebek…hehehe…kapan2 klo ke bandung, coba ke bebek
    Van java…layak dicoba tuh…

    @ habib

    pemburu bebek khusus bebek yang udah matang dan
    berbumbu enak😀

  3. @ antra

    makasih infonya, insyaallah segera ke bebek garang (segar merangsang), nama yang aneh…hehehee…

    bisa jadi Ekspedisi Perburuan Bebek di Bandung (episode 3) nih…sip sip🙂

  4. Kalo wisata kulinerku sih masalah bebek udah ke bebek van java, bebek pak slamet, bebek garang, bebek boromeus. yg paling mantap bebek + sambalnya ya bebek van java. Untuk bebek pak slamet enak bebeknya tp sambal koreknya biasa aja ga spt aslinya yg di Surakarta/Solo. bebek garang sih rasanya biasa aja. Tp kalo bebek se-Indonesia memang tetep bebek pak slamet di surakarta yg paling mantap dan cocok buat yg seneng pedas maupun ga.

  5. Saya udah pernah nyoba ampir semua bebek di Bandung. Tapi ttp jagonya BEBEK GARANG masih yang megang, sambel nya manstabh, bebek nya lembut guede2, tempat nya nyaman + harga nya g bikin kantong kosong. apalagi sekarang tempat nya pindah di Jln. Sulanjana 19 jadi tambah deket plus gmpang,,
    Selamat mencoba

  6. @ agung : hemm,…jadi pengen nyoba bebek pak slamet, alamat yang dibandung dimana ya?

    @ tikaajah : iyaaa,….bebek garang,..saya udah 3 kali ke bebek garang, tp belum sempat bikin postingannya,…mantabs,,,,dan enaknya lagi, pindah ke jalan sulanjana,…deket kosan,..senangnya,…

  7. bebek p slamet Bandung ada di jl. buah batu no. lupa, buah batunya yg dari lingkar selatan ke arah univ langlang buana. tp sekali lg ya bebek p slamet ini ga seyahud aslinya yg di Solo. Yg di solo tuh dibungkus udah bbrp hari aja masih ajib (maklum dibawa ke bdg). eh 1 lagi yg lumayan bebek plengkung gading jl. kalimantan belakang sma 3. di plengkung gading mie yogya (mantap ini drpd yg di jl. bengawan) enak, kalo suka pedes oseng2 mercon mantap habis.

    oh ya jgn lupa kalo di BVJ atau p slamet minumnya es teh aja rasanya es teh nya mantap juga

  8. eh sori nambah lagi, kalo bebek garang aku blm terkesan soalnya baru 1 kali kesana itupun bungkus. pilihan bebeknya yg bakar kecap tuh (lupa namanya), rasanya sih terlalu manis. mungkin ada yg tahu favourite menu nya yg di bebek garang ini ? kalo aku sih suka yg pedes bgt.

  9. Di jalan pak gatot raya gegerkalong bandung ada yang jualan bebek peking goreng/bakar cuman 7 rebuan udah plus nasi, namanya bebek Gangsir. Rasanya enak untuk harga 7 rebuan (ramah kocek eui), tapi potongannya emang gak segede standar porsi bebek. Cocok lah untuk yang suka bebek tapi lagi rata kocek.

  10. Segera hadir bebek goreng samudra cak aji khas suroboyo…, cabang bandung.
    Cabang yang sudah ada : Cilegon, serang,purwekerto.
    segera di info alamatnya tks

  11. Saya kemarin pengen coba Bebek Slamet yg di Buah Batu Bandung. Setelah membiarkan saya dan suami menunggu hampir 1 jam lamnya, pesanan tak kunjung datang (pdhl udah berulang kali menanyakan pesanan kok blm datang), mrk cuma menjawab, “oya bebeknya sebentar lagi” …akhirnya kesabaran saya habis. Ternyata nasi habis dan lagi dimasak!! …rrghh@#!# Krn kesal akhirnya saya tinggalkan dgn rasa kesal dan perut lapar. Pelayan disana kerjanya bener2 semrawut dan asal2an!!

  12. hohooo…sepertinya memang pelayanan di bebek slamet perlu dibenahi ya..saya pernah ke bebek slamet di jalan supratman…sore..rame bgt…antri dan lamaaa…
    tp karena udah kelaparan ya rela aja nunggu lama..banyak pembeli yang lain udah g sabaran akhirnya pergi gt aja…
    padahal sambelnya enak bgt…yummiii..
    semoga segera dibenahi sistem pelayanan yang buruk ini…

  13. Yg paling enak ya Bebek Plengkung Gading pastinya,selain di goreng kering,bumbunya meresap sampe tulang2nya jg sambel cabe ijonya itu lho,MANTAP!!!ada jg bebek peking goreng yg gak kalah enakya,dagingnya tebal bgt,yummy deh….ak kmrn makan yg di jl ciliwung 24,tempatnya asyik bgt,utk yg berani uji nyali makan tuh menu sensasi lainnya yaitu Oseng2 Mercon SUPEEERR PEDASSS…d jamin klengerrr..tempat sama rasanya recommended bgt,cobain deh pasti kagak nyesel.eh iya Pak Bondan Wiskul jg pernah k sini lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s