Tidur Juga Ada Ilmunya

Tidur adalah hobi, iya hobi.

Dari kecil saya terbiasa tidur cepat dan bangun cepat karena bapak selalu membangunkan untuk sholat subuh jamaah di masjid. Pola yang semacam itu terus berlanjut sampai sekarang, kalau sewaktu SMP-SMA sih saya tidur cepat, tidak ada masalah. Tetapi ketika kuliah, di saat teman-teman saya begadang mengerjakan tugas sampai larut malam,.saya pasti yang paling awal mengantuk dan tidur.  So, berbagai julukan pun mampir ke saya mulai dari “ratu tidur”, “sleepy”, dll. yaah…sebenarnya saya juga ingin begadang tapi apa daya…waktu itu ada teman saya yang bilang “masak mahasiswa jam 10 dah tidur?”,.hehehe….yup, itulah pola tidur saya…

Ada anggapan yang keliru tentang tidur, kita menganggap tidur sebagai fase pasif dari siklus kehidupan sehari-hari. Ini salah, karena tidur sebenarnya sebuah proses yang aktif. Ini dibuktikan dengan perekaman proses-proses biologis selama tidur yang dikenal dengan sebutan Polysomnography (PSG) namun lebih populer dengan sebutan Sleep Study. Dari perekaman gelombang otak (EEG), yang merupakan bagian dari sleep study, para ilmuwan menemukan bermacam-macam gelombang otak yang akhirnya menjadi dasar pembagian tahapan tidur.
Kekeliruan kedua adalah dengan menganggap tidur sebagai periode yang aman. Karena selama tidur seolah kita berada dalam mode auto-pilot. Memang mekanisme pengaturan tidur diatur oleh otak secara otomatis. Tetapi beberapa gangguan dapat terjadi selama tidur, bahkan bukan tidak mungkin bisa berakibat fatal.

Sebenarnya kekurangan tidur akan menyebabkan:

  • Kurang tidur akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang.
  • Penurunan kemampuan mental.
  • Kemampuan otak untuk menghapal mungkin masih optimal, tetapi kreativitas untuk menggunakan bahan hapalan tersebut akan menurun.
  • Tentu saja produktifitas juga ikut menurun.
  • Stabilitas emosional pun terganggu.

Tips bagi remaja – dewasa muda (usia 16-30 tahun)  yang disadur dari National Sleep Foundation:

  • Tidur adalah sumber energi bagi otak: Tidurlah dalam jumlah yang cukup. Kantuk ringan pun sudah dapat mengganggu performa akademis maupun olah raga. Kurang tidur membuat seseorang lesu, mudah marah hingga tertekan.
  • Buat dan ikuti jadwal tidur yang teratur. Jika harus keluar dari jadwal, hindari menunda tidur hingga lebih dari 1 jam dari jadwal, dan bangunlah dalam jarak 2 jam dari jadwal. Jangan lakukan melebihi 2 malam berturut-turut.
  • Amati jumlah tidur yang optimal bagi dirimu. Setiap orang akan berbeda.
  • Ketika bangun di pagi hari, segera nyalakan lampu atau bukalah jendela, agar terekspos cahaya terang. Tapi jangan lakukan ini saat bangun tidur siang. Cahaya akan memberikan sinyal pada otak saat-saat untuk bangun atau tidur.
  • Pahami irama sirkadian-mu. Buat kegiatan yang memaksimalkan jam biologis dalam diri mu. Misalkan untuk mengatasi kantuk di jam-jam tertentu, lakukanlah kegiatan yang menyenangkan atau penuh semangat.
  • Setelah makan siang, jauhi kopi, minuman bersoda yang mengandung caffein dan nikotin, karena semua minuman ini bersifat stimulan yang dapat mengganggu jam biologis. Hindari juga alkohol yang dapat mengganggu proses tidur normal.
  • Hindari membaca bacaan yang berat, belajar, atau bermain ’games’ komputer dalam 1 jam sebelum tidur. Jangan biarkan TV menyala selama tidur, cahayanya akan menghambat tidur yang efektif sehingga tidur terasa kurang menyegarkan.
  • Jangan pernah bergadang, karena ini akan mengganggu pola tidur dan performa di keesokan harinya.

Mau tahu tentang ilmu tidur secara lebih detail, klik aja di sini

Setelah baca-baca di link tersebut, setiap orang memang punya jam produktif yang berbeda-beda, so kita harus dapat mengaturnya agar semakin produktif.

*irama sirkadian merupakan elemen penting dalam fisiologis tubuh. Komponen-komponen yang terkait langsung dengan sirkadian adalah pola tidur-bangun, kesiapan bekerja, pengaturan autonomik (sekresi adrenalin, kortisol); proses vegetasi (metabolisme) temperatur tubuh, denyut jantung, dan tekanan darah.

7 thoughts on “Tidur Juga Ada Ilmunya

  1. wah, tul tul ris, makasih infonya…
    tidur penting untuk ketahanan tubuh..
    aku ada juga ebook tentang how to sleep less have more energy, bahas gimana tidur berkualitas, tidur ga perlu lama2 yang penting kualitasnya..

  2. hemmm…bener ris yang bagus itu tidur cepet dan bangun cepet.

    tentang tulisanmu yang berbunyi “Setelah makan siang, jauhi kopi”
    nah ini nih yang aku ga setuju he he…

    pembenaran atas diriku yang suka ngopi abis makan siang…hik hik..

  3. bener sih,,, tapi koq suilt buat sepalat ya?? hehehe…

    *si tukang begadang… hidup bak kelelawar: malam bangun, siang tidur… parahhhh…*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s