Posted in cerita

Tidur Juga Ada Ilmunya

Tidur adalah hobi, iya hobi.

Dari kecil saya terbiasa tidur cepat dan bangun cepat karena bapak selalu membangunkan untuk sholat subuh jamaah di masjid. Pola yang semacam itu terus berlanjut sampai sekarang, kalau sewaktu SMP-SMA sih saya tidur cepat, tidak ada masalah. Tetapi ketika kuliah, di saat teman-teman saya begadang mengerjakan tugas sampai larut malam,.saya pasti yang paling awal mengantuk dan tidur.  So, berbagai julukan pun mampir ke saya mulai dari “ratu tidur”, “sleepy”, dll. yaah…sebenarnya saya juga ingin begadang tapi apa daya…waktu itu ada teman saya yang bilang “masak mahasiswa jam 10 dah tidur?”,.hehehe….yup, itulah pola tidur saya…

Ada anggapan yang keliru tentang tidur, kita menganggap tidur sebagai fase pasif dari siklus kehidupan sehari-hari. Ini salah, karena tidur sebenarnya sebuah proses yang aktif. Ini dibuktikan dengan perekaman proses-proses biologis selama tidur yang dikenal dengan sebutan Polysomnography (PSG) namun lebih populer dengan sebutan Sleep Study. Dari perekaman gelombang otak (EEG), yang merupakan bagian dari sleep study, para ilmuwan menemukan bermacam-macam gelombang otak yang akhirnya menjadi dasar pembagian tahapan tidur.
Kekeliruan kedua adalah dengan menganggap tidur sebagai periode yang aman. Karena selama tidur seolah kita berada dalam mode auto-pilot. Memang mekanisme pengaturan tidur diatur oleh otak secara otomatis. Tetapi beberapa gangguan dapat terjadi selama tidur, bahkan bukan tidak mungkin bisa berakibat fatal.

Continue reading “Tidur Juga Ada Ilmunya”

Advertisements
Posted in cerita

Pat pat Gulipat e44 Memang Hebat

d-stg8r

Lagu yang menjadi soundtrack kami di Dlundung, 5 Desember 2004 “hanya di tenda cewek2, hehehe….”

” Ingatlah Hari ini  “

Kawan dengarlah
Yang aku katakan
Tentang dirimu
Setelah selama ini
Ternyata kepalamu
Akan selalu botak
Kamu kaya gorila

Cobalah kamu ngaca
Itu bibir balapan
Dari pada gigi lu
Kayak kelinci
Yang ini udah gendut
Suka marah-marah
Kau cacing kepanasan
Tapi ku tak perduli
Kau selalu dihati

Reff:
Kamu sangat berarti
Istimewa dihati
Selamanya rasa ini
Jika tua nanti
Kita tlah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Ketika kesepian menyerang diriku
Gak enak badan resah tak menentu
Ku tahu satu cara sembuhkan diriku
Ingat teman-temanku

Don’t you worry just be happy
Temanmu disini

Posted in cerita

“Ma Yan”, sebagai pengingat besarnya berkah hidup yang selama ini sering kali diabaikan

berawal dari sms …

tice : assalamualaikum, halo jeng, pa kabar?dgr2 km mo ke sby ya?kpn?sampe kpn? bs ke toko buku kan?kmrn2 kan kita blm sempat ke toko buku.ris, blsnya ntar2 aja juga gpp klo km lg sibuk.

…..senyum2 sendiri, sambil nge-search buku di kutubuku.com. “tice ini, ternyata masih berusaha….hahahahaaa….”

riris : weh…iya ce, insyaallah sabtu pg nyampe sby.tice ke kampus jg kan?drpd tar gak jadi lg, gmn klo tice aja yg bli bukunya, tar kan kita ketemu di kampus.

…..membandingkan buku2, dari sekian banyak wishlist-ku…

tice : iya,sabtu ke kampus.ke graha jm brp?biar aq tar jg jam segituan ke kampus.bukunya apa?tar aq cariin.

…..sudah menentukan…”yang ini aja”

riris : kretanya sih nyampe gubeng jm8.20 dijemput yekti, ya mngkin jm10an gt ke graha, aq lg pengen buku jdlnya “Ma Yan”. tp klo g ada, ya terserah tice mo bliin apa.makasih y ce

tice : laksanakan bu, tar bsk aq coba cari.tp emang judulnya gt ta? ok, sampe ketemu dikampus

riris : iya ce, judulnya mang gt.”Ma Yan”.sip, suwun ya..

…..dan buku itu sudah ada ditanganku, dan sudah tamat kubaca.

9106-ma_yan2

“Ma Yan”

Sebuah novel yang diangkat dari kisah nyata di sebuah perkampungan gersang di Zhangjiashu, Ma Yan lahir dari keluarga muslim yang miskin. Di desa yang sebagian perempuannya menikah muda, serta kesempatan besar untuk bersekolah hanyalah hak istimewa anak laki-laki, tidak membuat surut semangat Ma Yan untuk sekolah. Di daerah Zhangjiashu yang miskin dan terbelakang sebagian besar keluarga hanya memiliki pendapatan US$ 15 setahun. Dengan penghasilan seminimal ini, pendidikan adalah mimpi bagi sebagian besar penduduk. Namun Ma Yan bukanlah gadis yang mudah menyerah. Dia rela berjalan 5 jam di tengah hantaman musim dingin menempuh jalan panjang ke sekolah. Kakinya bengkak, badannya letih, namun hatinya tetap hangat dengan harapan. Sekolah adalah api yang menyalakan mimpi-mimpinya. Pernah suatu ketika, Ma Yan harus menghapus jadwal makan siangnya selama 15 hari hanya untuk membeli sebuah pena. Betapa besar pengorbanan Ma Yan, tapi betapa kuat tekadnya untuk tidak dimangsa nasib yang setiap saat bisa menghempaskan fondasi ekonomi keluarganya yang rapuh.

Novel ini diangkat dari kisah nyata Ma Yan yang jurnal hariannya pernah diterbitkan ke dalam bahasa Prancis. Dari bahan tulisan yang berserak dan berita-berita sekitar kehidupan Ma Yan, utamanya buku harian Ma Yan, (Sanie B. Kuncoro)

Aku berkali-kali menangis saat membaca buku ini, mengharu biru…bagaimana seseorang harus berjuang keras hanya untuk sesuap nasi, sebuah pena, jadi menengok ke diri ini…sudah berapa sering aku bersyukur kepadaNya, seberapa besar aku bias berbagi, seberapa taat aku pada Nya,….

Dibuku ini diceritakan bagaimana keteguhan seorang ibu dalam mengurus keluarga, berbakti pada suami, memperjuangkan supaya anak2nya tidak bernasib sama dengan dirinya, keluarga tersebut yakin bahwa bersekolah adalah persemaian masa depan. Jadi ingat ibuku yang selalu mengkhawatirkan kedua anaknya yang tidak ada di rumah…terima kasih ibu…insyaallah bulan depan aku pulang…semoga anak lanang adikku tersayang juga bs izin dari pondok gontor, kami sudah janjian.

Disisi lain semakin terpacu untuk lebih giat memahami ilmuNya. Jadi ingat kata2ku sendiri yang biasa aku gunakan sebagai penyemangat untuk adik2ku di BEM “Sesuatu yang layak dikerjakan, harus dikerjakan dengan sebaik2nya”, dan kadang2 aku sendiri yang melupakannya..

Yup, so harus selalu semangaaaattttt….semua harus diperjuangkan!!!!

Posted in cerita

Ekspedisi Perburuan Bebek di Bandung (episode 1)

Sebelum berangkat ke Bandung Desember kemarin, ada beberapa “ritual” yang belum dilakukan, salah satunya makan bebek Cak Sandy
di depan Galaxy Mall surabaya…so, sekarang saatnya melakukan ekspedisi perburuan bebek di bandung.. Iseng2 tanya sana sini akhirnya dapat info ada 4 tempat makan yang menjual olahan ternak yang satu ini:

  1. Bebek Boromeus, Letaknya di deket RS Boromeus, dago.
  2. Bebek van Java, terletak di depan Madtari di daerah Dipati Ukur
  3. Bebek Darmo, katanya sih terletak di dekat SMP 5, jalan jawa
  4. Bebek Setan, katanya juga Carinya di daerah Lodaya, antara Batagor Riri dan Pasar Buku Palasari

dari referensi tersebut, mulailah petuanganan itu…hahahaahaaa…..

ternyata eh ternyata, temenku feni juga suka ma bebek so kita berdua benar-benar berniat berburu bebek di bandung

Perburuan Pertama,

Target pertama adalah bebek boromeus, kita pilih yg paling dekat dgn kampus…setelah tanya ke t’Felis bukanya jam berapa aja,

kita merencanakan kpn makan di tempat itu,.(loh, knp t’Felis, jgn mengira t’Felis ini yang punya tempat makan ato bahkan yang punya peternakan bebek,..t’Felis ini asli bandung dan dah pernah nyobain dasyatnya bebek boromeus…walo ketika ditanya kapan terakhir ke situ t’Felis jawabnya “2 tahun yang lalu”…..Dieng..,gpp, nuhun teh)

bebek-boromeus

–Letak nya di samping kiri RS Boromeus, kita datang kesana jam setengah 6 gt…ruaaameeeeee buaaangeeett..sistem ngantrinya kaya ngantri di dokter, da nomor urut gt..kita dapet nomor urut 42, yang dilayani baru nomor 33…yah,,,sabarrrr kita pesen nasi+bebek+tempe+es teh manis…nunggunya lumayan lama….dan suasananya rame bgt banyak pengamen…setelah beberapa lama…nomor urut di panggil..hahahahaha
(persis kayak ngantri di dokter) dan yuuummmmyyyyy akhirnya aku makan bebek juga…

plus minus bebek ini:
+bebeknya enak, tapi -sambelnya kurang banyak dan kurang pedes (bs minta lagi gak ya..hehehehe)
+lebih murah dari bebek van java tapi -ngantrinya wowww kudu sabarrr

Continue reading “Ekspedisi Perburuan Bebek di Bandung (episode 1)”

Posted in cerita

Tips “Wajah & Hati Yang Cantik”

  • Agar wajah selalu segar, berseri-seri dan cantik

cucilah minimal 5 kali sehari dengan air wudhu.
Jangan langsung dikeringkan, biarkan menetes dan kering sendiri. Lalu ambillah sajadah, shalat, berdzikir, dan berdo’a.

  • Untuk menghilangkan stress

Perbanyaklah ‘olahraga’. Cukup dengan memperbanyakkan solat. Ketika solat, kita mengerakkan seluruh tubuh. Lalu berkonsultasilah pada Allah SWT dengan dzikir dan do’a.

  • Untuk pelembab, agar awet muda

Gunakanlah senyuman.Tidak hanya di bibir tapi juga di hati. Jangan lupa bisikkan ‘kata kunci’, “Allahuma Kamma Hassanta Khalqii Fahassin Khuluqii” (Ya Allah sebagaimana engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula ahlaqku). (HR Ahmad).- DOA TENGOK CERMIN

  • Untuk punya bibir cantik, bisikkan kalimat-kalimat Allah

Tidak berbohong atau menyakiti hati orang lain, tidak menyombongkan diri atau takabur.

  • Agar tubuh langsing, mulus.

Diet yang teratur dengan berpuasa seminggu 2 kali, Isnin dan Khamis. Jika kuat, lebih bagus lagi puasa Nabi Daud AS i.e. selang satu hari. Makanlah makanan halal, perbanyak sayuran, buah-buahan, dan air putih.

  • Untuk mengembangkan diri

Sebarkan salam dan sapaan. Dengan demikian kita akan banyak dikenal dan disayangi.

(dari milis alumniesq)

Posted in cerita

Miss them, miss that moment…

Di minggu sore yang cerah tb2 sarah nyeletuk

sarah : ris, aq kok kangen bgt ma ITS ya…
aq : (kayaknya td ngomongin adek kami masing2, loh kok?)
hmm….sama sar….aq kangen buanget ma surabaya
sarah: kapan ya bs ke ITS lagi?kangen kampus, kangen tmn2 kos,
kangen makanan2 sby, tahu tek, ica2, purnama, bonex…
ririiiiiis….
aq : (kok makin histeris gini….)
ayo ta?aq tgl 13 maret ke sby lo…insyaallah
sarah: huwaaaa……pengen tp gak bisa…ruwet kan?
aq : iya, ruwet km nie…hehhehehe….ya kapan2lah klo gt

yaaaah…..surabaya, ITS, dah 3 bulan aq tinggalkan setelah 4 tahun
“terjebak” di kampus perjuangan itu…yup kampus perjuangan
setelah di ingat2, banyak sekali yang telah aq lalui di kampus itu..

1_393803677l1

dari maba sampai wisuda
dari blok T-84 sampai blok I-17
dari ngerjain praktikum pemrograman sampai ngerjain TA
dari jadi praktikan sampai jadi asisten

hmm….
dari dimarahi instruktur sampai dimarahi PR III
dari jadi peserta pra-TD sampai jadi pemandu TD
dari tim media Kalam Elektro sampai tim keuangan JMMI ITS
dari SC DIODA sampai Koor.SC PIMITS
dari tidur di graha ITS sampai tidur di tenda pinggir pantai Tuban
dari staf departemen pendidikan HIMATEKTRO sampai SekMen RISTEK BEM ITS

banyak sekali kenangan itu….

Continue reading “Miss them, miss that moment…”